hm…udah pada tahu lom tentang seluk-beluk Rambut ???

Pernah nggak kebayang apa seh rambut itu? trus pernah nggak kepikiran untuk ngitung berapa helai jumlah rambut di kepala kita? sampe kenapa sih kita harus ngerawat rambut…:D mungkin ku bisa kasih sedikit bocoran tentang hal itu…^-^

Rambut merupakan benang tanduk elastis yang tumbuh dari epidermis, dan rambut terdapat diseluruh badan, kecuali pada telapak tangan dan kaki juga pada tumit dan bibir. nah lho untung rambut yang tumbuh di badan g lebat kebayang gimana kalo lebat hihihii…;)) untuk luas kepalanya sendiri kurang lebih 120 inci dan terdapat kurang lebih 100-140 ribu helai rambut (wih banyak banget yah kurang gawean banget ngitung rambut sebanyak itu😀 ) ya nggak lah semua itu berdasarkan penelirian dan reset tentang rambut kususnya dan untuk kemajuan bidang tata kecantikan tentunya. banyak sedikitnya rambut yang tumbuh pada kepala manusia bisa dibedakan berdasarkan warna rambut, yaitu:

  • untuk rambut berwarna muda (pirang) kurang lebih sekitar 140 ribu helai
  • untuk rambut berwarna cokelat kurang lebih sekitar 110 ribu helai
  • untuk rambut berwarna hitam kurang lebih sekitar 100 ribu helai

Nah kalian termasuk yang mn? untuk rambut berwarna cokelat dan hitam biasanya agak kasar. yang menentukan warna rambut adalah pigmen yang terdapat di kulit ari. jika pigmen sedikit warna rambut kurang tua (muda), dan bila pigmen banyak warna rambut tua (hitam). rambut khususnya pada wanita panjangnya dapat mencapai 150cm dalam periode 2-4 tahun, setelah itu diganti dengan rambut baru. jadi g usah binggung kalo rambut ada yg rontok selama tidk lebih dari 100 helai perhari, itu hanya regenerasi rambut baru. pertumbuhan rambut sehat 1,25 cm tiap bulan. untuk bulu mata dan alis diganti setiap 4-5 bulan sekali.

macam-macam rambut:

  • downy atau Lanugo hair => terdapat di dahi atau badan
  • rambut pendek dan kasar => terdapat di bulu mata dan alis
  • rambut halus panjang => terdapat di kulit kepala, bawah ketiak dan wajah orang laki-laki (sepertinya ada bag yang delum disebut, pi emang di sengaja :p)

jenis-jenis rambut ada 3:

  • rambut normal, tanda-tandanya: bercahaya, dipegang terasa enak, mudah diatur
  • rambut berminyak, tanda-tandanya: mengkilat, pertumbuhan rambut biasanya lebat, cepat kotor, kalau dipegang terasa lengket
  • rambut kering, tanda-tandanya: warnanya pudar, kadang pertumbuhan rambut jarang/tipis, agak kemerahan, rapuh dan mudah putus

Nah sekarang coba lihat rambut kalian termasuk yang mana? ada satu hal lagi yang perlu aku kasih tahu cukup penting juga, yakni guna rambut di kepala yaitu sebagai pelindung terhadap sinar matahari, terhadap cuaca dingin, dan terhadap pulukan/ tekanan. Kebayang kan kalo g punya rambut gimana, Rambut adalah mahkota manusia khususnya bagi perempuan, makanya setidaknya kita harus tahu sebenarnya berjenis apa sih rambut kita ini gunanya untuk mengetahui jenis kosmetik yang akan kita pakai dalam perawatan rambut jangan sampai salah pilih, bukannya memperindah malah merusak rambut juga satu hal lagi harus jaga kebersihan rambut biar terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kepala, sudah mengertikah semuanya. saya rasa cukup sekian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. sebenarnya masih banyak lagi informasi, pi untuk kali ni saya rasa cukup sekian pi mungkin ada kelanjutannya….masih banyak yang belom terlampirkan.

Salam manies selalu ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s